Mahalnya harga paket internet si merah membuat kartu internet tri menjadi alternatif penting di negeri ini. Saya yakin para perusahaan pendor memahami hal ini sehingga sempat ada rencana si merah akan mengakuisisi tri. Harapan kita sebagai user tentu hal itu tidak akan terjadi agar harga tarif paket internet bisa lebih bersaing. Sebab kalau jadi di akuisisi malah akan memperbesar peluang si merah untuk monopoli tarif.

Namun demikian belakangan ini banyak sekali keluhan “kecepatan internet tri makin lambat”. Dari analisa penulis hal ini tidak sepenuhnya benar, layanan tri terkait kualitas signal dan bandwith tidaklah menurun. Kecepatan internet menurun yang kita rasakan terutama di siang hari adalah karena pembagian bandwith yang menjadi lebih besar.

Dulu di awal-awal launching tentu saja speed internet tingkat tinggi yang kita rasakan, tapi makin hari makin menurun. Penyebab utamanya adalah makin banyak pengguna kartu internet tri AON saat ini. Dengan semakin banyaknya pengguna tentu saja bandwidth akan terbagi semakin banyak, sehingga banyak user merasakan pelambatan kecepatan browsing, upload dan download.

Apa ada solusi untuk meningkatkn kecepatan internet pada daerah padat pengguna jaringan tri? Emm.. rasanya hampir tidak ada selain putus sambung.. putus sambung hingga mendapat kecepatan yang baik. Apa ada software untuk merebut bandwidth yang lebih besar? hem.. kayaknya gak ada deh, karena pembagian jaringan itu tentu dibuat semerata mungkin.

Solusi paling kongkrit tentu kita hanya bisa berharap agar kartu tri meningkatkan layanannya terutama besar bandwidth internet mereka. Semakin banyak user yang menggunakan kartu tri tentu semakin baik pula laba perusahaan tersebut, semoga dengan demikian perusahaan bisa berinovasi meningkatkan kualitas jaringan internet di seluruh Indonesia. Dalam hal internetan ini saya jauh lebih bisa berharap pada kartu tri dibandingkan dengan kartu lain seperti si merah yang tarifnya sudah tidak manusiawi lagi.

Beberapa user dilapangan bereksperiment untuk meningkatkan kecepatan internet tri ini, ada yang menambahakan aluminium di sekitar modem, ada yang meletakkan CD di bawah modem, ada yang mengotak-atik registry komputer pc/ laptop, mengganti DNS dan lain sebagainya. Sebenarnya teknik-teknik tersebut hanya berguna untuk memperbaikai kualitas tangkapan signal dari modem, bukan meningkatkan tangkapan kuota bandwidth*.

Semoga tulisan acak-acak tentang melambatnya internet tri ini bisa dibaca pihak-pihak terkait sehingga semua saling memahami, berbenah dan meningkatkan kualitas masing-masing.
internet tri makin lambat

*bandwidth = kecepatan internet suatu jaringan

Labels:



by pada 10:06 AM

Beri komentar PC Cepat: Mengapa internet tri makin lambat?

At September 8, 2015 at 7:58 PM , Blogger P Singarimbun said...

tes

 

komentar PC Cepat: Mengapa internet tri makin lambat?

<< Home