Murahnya harga laptop pc saat ini membuat orang kurang berminat untuk merakit komputer pc sendiri. Tapi ketika kita menginginkan spesifikasi komputer khusus seperti untuk desain grafis maka mau tidak mau kita harus memesan rakitan atau merakit sendiri pc tersebut. Kebanyakan pc build up (keluaran pabrik) tidak mampu merender grafis kedalam bentuk gambar dan video dengan cepat, oleh karena itu diperlukanlah spesifikasi khusus agar mempermudah pekerjaan designer tersebut.

Dalam merakit komputer pc sendiri diperlukan pengetahuan dasar tentang fungsi-fungsi dari semua spare-part hardware komputer. Selain itu pengetahuan tentang spesifikasi menjadi sebuah keharusan, begitu juga dengan perimbangan dari spek hardware yang dibutuhkan.

Dalam merakit komputer pc setiap komponen hardware yang dipasang haruslah berimbang, misalnya anda menggunakan motherboard dengan processor 1.2 GHz maka sebaiknya jangan menggunakan RAM kurang dari 256 dan tibak baik pula lebih dari 1 GB. Begitu juga dengan power supply yang digunakan harus mampu mensuppor kecepatan putaran HDD dan processor. Pengetahuan keseimbangan kemampuan hardware ini harus benar-benar dipahami agar pc rakitan kita bisa berjalan dengan baik. Intinya bacalah spesifikasi dan support setiap kali kita membeli komponen komputer.

Langkah-langkah merakit komputer yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan kegunaan komputer yang akan dirakit, sebab pc untuk main game berbeda dengan pc kantoran. Contoh perbedaanya; pc game membutuhkan grafik yang sangat baik, sedangkan untuk kantoran tidak terlalu diperluakn kualitas grafik. Oleh karena itu VGA untuk game lebih mahal daripada VGA kompi kantoran.
  2. Budgeting atau anggaran dana, setelah kita menentukan besaran uang untuk pc rakitan maka untuk menentukan merek komponen yang akan kita pakai menjadi lebih mudah, begitu juga dengan spesifikasinya.
  3. Tentukan processor yang sesuai dengan socket pada motherboard, atau sebaliknya cari motherboard yang sesuai dengan processor. 
  4. Menentukan jenis dan kapasitas hard disk, hardisk dengan putaran cepat akan membutuhkan power supply dan pendingin besar. Hard disk yang digunakan dalam merakit komputer juga harus sesuai dengan kecepatan processor dan kapasitas RAM.  Kapasitas RAM berbanding lurus dengan kapasitas HDD, semakin tinggi processor dan memori maka semakin besar hard disk yang dapat dipakai.
  5. Menentukan VGA sesuai dengan kebutuhan grafis, jika kita seorang desainer butuh kualitas grafik yang sangat bagus maka kita membutuhkan VGA yang bagus pula. Jangan heran jika harga VGA bisa lebih mahal dari processor.
  6. Gunakan power supply yang mampu memenuhi kebutuhan power keseluruhan komponen PC rakitan kita, setiap komponen komputer membutuhkan power untuk bekerja. 
Jika kemampuan kita dalam menetukan 6 hal tersebut diatas seharusnya sudah mampu merakit sebuah komputer untuk keperluan normal saja. Menurut saya dalam perakitan pc yang paling utama itu adalah logika, semoga bermanfaat.

Labels:



by pada 11:24 AM

Beri komentar PC Cepat: Dasar-dasar merakit komputer pc sendiri

komentar PC Cepat: Dasar-dasar merakit komputer pc sendiri

<< Home