Saat ini banyak sekali kita internetan dengan modem USB baik itu GSM maupun CDMA. Banyak kelebihan menggunakan USB modem, begitu juga kekurangannya. Salah satu kelebihannya adalah sifat mobile; dimana kita bisa membawanya kemanapun dan online dimanapun, Kalau kita menggunakan modem speedy tentu saja hanya bisa online di sekitar rumah. Kekurangan usb modem GSM dan CDMA terletak pada stabilitas koneksi internetnya. Banyak sekali keluhan pengguna kartu apapaun, bahwa koneksi onternet mereka sering terputus.
internet modem sering putus
Sebenarnya banyak penyebab koneksi internet modem USB CDMA/ GSM ini sering terputus. Penyebab utama adalah signal yang ditangkap modem, semakin bagus signal GSM/ CDMA yang kita pakai tentu saja internetan akan semakin cepat. Jika koneksi modem sering terputus karena hal ini maka salah satu yang dapat kita lakukan adalah memperkuat tangkapan sinyal. Banyak cara yang sudah di share pengguna USB modem tentang cara memperkuat sinya ini, salah satunya dapat anda baca di sini.

Selain masalah sinyal, koneksi modem juga bisa sering putus karena socket USB di komputer longgar. Untuk menguji hal ini coba pindahkan slot USB yang digunakan. Jika semuanya sudah longga maka kita bisa membeli USB HUB, harganya murah kok. Jika slot USB longga tentu saja sedikit saja goncangan pada laptop/ pc dapat menyebabkan koneksi terputus. Akibat goncangan saat mengetik saja koneksi bisa putus. 

Slot USB kita bagus tapi tetap saja koneksi internet modem sering putus, bisa juga karena modem yang kita gunakan rusak. Kerusakan modem banyak jenisnya, pada dasarnya modem yang cepat panas juga termasuk modem rusak. 

Modem cepat panas biasanya koneksi internet akan melambat bahkan putus. Cepat panas umumnya karena pendingin lapto atau pc kita kurang baik, sehingga panas pada motherboard ditransfer ke modem. Untuk mengatasi ini sebaiknya gunakan USB hub, sehingga modem tidak langsung bersentuhan dengan PC/ Laptop. Atau bisa juga arahkan kipas angin ke modem anda. Modem yang cepat panas ini juga merupakan penyebab utama koneksi internet sering terputus. 

Menggunakan provider GSM / CSMA yang bandwidth-nya penuh atau sibuk juga dapat menyebabkan koneksi modem sering putus, jika kita tinggal di kota besar dimana semua provider sudah support jaringan 3G maka sebaiknya gunakan saja kartu GSM/ CDMA yang paling sedikit penggunanya untuk internetan. Cara ini juga cukup ampuh untuk mempercepat koneksi internet modem. Namun jika anda tingga diluar kota sebaiknya gunakan saja kartu yang sinyalnya paling bagus.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi koneksi modem USB yang sering terputus. Sekali lagi harus kita pahami bahwa internet sering putus dipengaruhi oleh banyak hal, temukan penyebabnya maka kita akan mudah mengatasi permasalahannya.  

Labels:



by pada 3:38 PM

Beri komentar PC Cepat: Penyebab koneksi modem USB sering terputus

At December 23, 2017 at 1:19 AM , Blogger Taufiq Abdulrohman said...

sangat membantu terimakasih..

 

komentar PC Cepat: Penyebab koneksi modem USB sering terputus

<< Home