Cara mempercepat loading laptop windows terutama untuk komputer yang telah lama memang sangat dibutuhkan. Biasanya laptop ketika baru dibeli kecepatan loadingnya sangat bagus, hal itu karena belum banyak software yang kita gunakan (install). Seiring dengan perjalanan waktu maka software (program/ aplikasi) di komputer juga kita tambah sesuai dengan kebutuhan. Pertambahan program inilah penyebab utama lambatnya loading sebuah perangkat komputer, laptop, netbook, notebook dan tablet pc. Selain itu virus, malware, dan Trojan sudah pasti akan memperlambat kinerja loading bahkan bisa mematikan laptop secara total.

Untuk mempercepat loading laptop atau komputer yang tersrang virus, malware dan Trojan tentu lebih mudah, sebab menscan dengan anti virus yang tepat maka permasalahan langsung teratasi. Tapi lambatnya performa loading karena kebanyakan software program yang terinstal tidak bisa diatasi dengan anti virus.

Untuk mempercepat loading komputer karena banyaknya aplikasi dapat dilakukan disable all pada startup laptop anda, caranya sebagai berikut:

percepat loading komputer dengan disable all start up

  • Buka run, di windows xp ada di start menu dengan nama run, di win 7 berupa form dengan tulisan search program and files.
  • Ketikkan msconfig di sana lalu tekan enter.
  • Maka akan terbuka jendela system configuration, buka tab startup dan di pojok kanan bawah ada tomblol disable all, klik tombol tersebut selanjutnya.
  • Tutup system configuration lalu akan muncul perintah restart komputer, lakukan saja restart.
  • Perhatikan loading laptop anda ketika komputer baru hidup pasti jauh lebih cepat dari sebelumnya.

Lambatnya loading saat kita sedang bekerja juga bisa diesebabkan oleh adanya program lain yang sedang menggunakan RAM (memory). Untuk itu bisa dilakukan pengoptimalisasian RAM atau pembersihan. Banyak sekali program software gratis untuk membersihkan dan meningkatkan performa RAM ini, diantaranya dapat anda lihat di sini.

Bersihkan error registry, juga dapat mempercepat loading komputer. Untuk melakukannya anda perlu mendownload software pc utilites, software ini juga banyak yang gratisan, diantaranya dapat anda lihat di sini. Setiap menginstal program utilities jangan aktifkan aouto optimazion, sebab program tersebut juga bekerja dengan menggunakan ram, sehingga dapat memperlambat loading komputer anda.

Itulah beberapa tips yang dapat diguankan untuk mempercepat loading laptop komputer windows yang saya ketahui dan sering saya gunakan. Jika anda memiliki solusi berbeda silahkan berbagi melalui form komentar atau menjadi penulis tamu di blog ini dengan menghubungi author melalui contact blog ini.

Labels: , ,



by pada 2:44 PM

Beri komentar PC Cepat: Cara Mempercepat Loading Laptop Komputer Windows

At September 30, 2015 at 7:54 AM , Blogger Unknown said...

biasanya anti virus apa yang paling bagus untuk laptop acer,

 
At October 3, 2015 at 9:25 AM , Blogger Singarimbun said...

@ Addinal dollar: wah agan ni sebenarnya udah tau jawabannya nih.. heheh, semua anti virus bagus, asal up date

 

komentar PC Cepat: Cara Mempercepat Loading Laptop Komputer Windows

<< Home