Saat ini membuat video sangat mudah, hampir semu kita telah memiliki ponsel kamera yang dapat digunakan merekam Video. Terkadang hasil rekaman video di ponsel membutuhkan sedikit editan agar tampil lebih sempurna, atau perlu sedikit modifikasi kompres ukuran file video agar lebih mudah di upload ke sosmed atau youtube. Memang hasil rekaman video dari ponsel cukup besar, untuk durasi 10 menit saja ukurannya bisa mencapai 200 MP, tentu ukuran sebesar itu butuh waktu cukup lama untuk upload terutama pada kondisi internet lambat.

Untuk itu kita perlu melakukan sedikit editing, sebagai non profesional kita tentu membutuhkan software sederhana dalam melakukan edit video. Berbeda halnya dengan para profesional yang telah mahir mengoprasikan software-software rumit seperti blender dan lain sebagainya. Penulis juga bukan profesional dalam hal pervideoan, oleh karena itu saya lebih menyukai software edit video yang simpel dalam penggunaan, diantaranya;


  • Windows Movie Maker
Untuk winsows XP program ini sudah menjadi bawaan, berbeda dengan windows 7 dan 8 dimana kita perlu mendownload instalan muvie maker. Sdftware movie maker ini disediakan secara gratis oleh Microsoft. Bisaa didownload langsung di situs microsoft dinamai dengan Windows Essential 20012. Kelebihannya cukup banyak; mudah digunakan, bisa rotate video, menambah musik atau combine video, menambah text sub title dan lain sebagainya. Kekurangannya; tidak ada fasilitas untuk corp video.


  • Avidemux
karena kekurangan cropping tool pada windows movie maker tersebut akhirnya saya mencari software video open source (gratisan) untuk melakukan cropping, dan ketemulah Avidemux. Salah satu kelebihan Avidemux yakni kemampuannya dalam crop dan converter. Mudah dioperasika, memiliki banyak fitur seperti menambah logo pada video, memberi effec dan lain-lain. Kekuranganya; kita hanya bisa mengcorp file video dengan merubah formatnya, artinya hasil edit video kita file outpunya berubah. Padaha saya ingin sekali corp sebuah video tanpa harus merubah format. 

Untuk melakukan corp video tanpa merubah format nampaknya kita harus menggunakan software berbayar seperti Software milik Sony atau Nero, kata teman saya bisa juga dilakukan dengan software gratisan seperti Blender sayangnya saya kurang paham mengoperasikan Blender, terlalu rumit. Namun bila kita memang memiliki niat kuat saya yakin menjalankan Blender juga akan mudah asal mau berlatih hingga terbiasa. Di Indonesia ada beberapa komunitas untuk belajar menjalankan software Blender ini, dimana anggotanya banyak dari kalangan cineas-cineas muda dan para animator yang dengan sukarela berbagi ilmu.

Sebenarnya ada beberapa software edit video lain yang pernah saya gunakan dalam mengedit video, tapi pada dasarnya kemampuannya sama saja dengan Avidemux dan Windows Movie Maker, diantaranya; virtual dub, Shotcut, ‎AviSynth dan lain-lain. Bagus tidaknya sebuah karya video lebih bergantung pada kreativitas editornya bukan pada softwarenya. 

Labels:



by pada 9:32 AM

Beri komentar PC Cepat: Rivew 2 Software Edit Video Gratis Yang Saya Pakai

komentar PC Cepat: Rivew 2 Software Edit Video Gratis Yang Saya Pakai

<< Home