Bagaimana cara lolos dari uji turnitin? Terlebih dahulu perlu dipahami bagaimana cara kerja turnitin dalam menghitung persentase similarity index. Skor similarity index dihitung berdasarkan persen, artinya persentase kesamaan dari total kata dalam artikel anda dengan banyak artikel di internet.

Misalkan jumlah total kata skripsi/ tesis/ jurnal anda adalah 8000 kata (bisa dilihat di bagian bawah ms word). Setelah dilakukan cek turnitin, didapatlah similarity index 50%. Ini artinya bahwa 4000 kata pada manuskrip anda memiliki struktur yang sama dengan artikel lain.
persentase kata berdasarkan jumlah total untuk uji turnitin

Bagaimana cara mengurangi similarity index? Jika anda ingin mengurangi 10% dari 8000 total kata artikel anda maka minimal anda perlu menambahkan 800 kata original.

Cara lain mengurangi indeks plagiat turnitin? Anda juga bisa melakukan paraphrase. Apa itu paraphrase? paraphrase adalah teknik menyusun ulang kalimat dengan bentuk berbeda tapi tetapa memiliki arti yang sama dengan kalima asalnya. Paraphrase yang baik bisa didapat dari latihan, semakin banyak dan sering kita melakukan paraphase maka semakin baik keahlian dalam mengubah struktur/ bentuk kalimat.

Cara mudah mengurangi persentase turnitin lainnya adalah dengan menghapus source yang terdeteksi sebagai plagiat, kalimat yang sama akan ditandai dengan warna pada tampilan hasil turnitin, anda bisa menghapus kalimat-kalimat tersebut secukupnya dengan mempertimbangkan kelengkapan karya tulis anda. Jika rasanya menghilangkan sumber tersebut tidak mengurangi nilai karya tulis anda maka sialahkan saja hapus kalimat tersebut untuk mengurangi persentase similariti pada uji plagiat turnitin.

Pahami cara mengutip, hal ini juga dapat mengurangi similarity index pada uji turnitin yang diset dengan filter exclude bibkiography, Jika anda melakukan pengutipan dengan penulisan yang benar dan standard maka pada uji turnitin yang difilter bibliography maka teks kutipan anda tidak akan dihitung sehingga persentase plagiat akan dihitung sangat kecil.

Filter lain pada uji turnitin adalah exclude quote. Jika filter ini diaktifkan oleh operator pengecekan turnitin maka semua kata yang ada dalam tanda petik "" tidak akan dihitung sebagai plagiat. Terkadang banyak juga mahasiswa yang nakal memberikan tanda kutip di banyak kalimat, hal ini merupakan salah satu trik nakal lolos uji turnitin. Cara ini memang sangat efektif, tapi tetap saja mudah ketahuan walaupun tanda petik yang anda berikan diketik dengan ukuran 1 em sekalipun.
cara kurangi turnitin

Itulah trik mengurangi persentase plagiat pada turnitin, apapun ceritanya yang paling penting adalah anda mengikuti aturan-aturan yang berlaku terutama aturan teknis penulisan (pengutipan), selama itu dilakukan maka tidak akan pernah terjadi tuduhan plagiat terhadap karya tulis anda. Sekian semoga bermanfaat terima kasih.

Labels: ,



by pada 12:13 PM

Beri komentar PC Cepat: Cara mudah lolos uji turnitin

komentar PC Cepat: Cara mudah lolos uji turnitin

<< Home