Ada pertanyaan di question hub Google: Apakah saat mengedit file Word menggunakan Google Doc dapat mempengaruhi turnitin?

Jawabannya: "Ya", mengapa mengedit file di google doc (drive) berpengaruh pada hasil turnitin? hal ini karena terkadang file yang kita edit diletakkan pada folder yang tershare ke publik. Sehingga file yang kita edit tersebut juga secara otomatis tershare ke publik (Anyone on the internet can find and view),  simpelnya perhatikan gambar dibawah ini:
edit word di google doc
Karena file kita tershare secara publik maka semua orang dapat mencari dan melihat seluruh isi file kita termasuk mesinnya turnitin akan membaca file tersebut sehingga dianggap sebagai duplikat (similar), dengan demikian bisa jadi manuskrip kita terdeteksi dengan similarity index 100%.

Bagaimana cara menghilangkan source dari google doc tersebut? kalau anda sebagai pemilik akun turnitin maka bisa saja sorce dari google doc tersebut diabaikan (exclude) menunya ada di sisi kanan laporan turnitin. 
Apakah saat mengedit file Word menggunakan Google Doc dapat mempengaruhi turnitin?
Tapi itu hanya akan hilang di akun ada saja, tidak pada akun orang lain yang akan mencek artikel ilmiah anda, misalnya akun turnitin jurnal; mereka akan tetap melihat kalau karya tulis anda similar dengan tulisan di google doc tersebut. 

Bagaimana kalau file google doc tersebut dihapus?
Untuk beberapa bulan file tersebut akan tetap terdetek oleh mesin turnitin, sebab turnitin tidak hanya melakukan pencarian pada search engine saja, tapi mereka juga melakukan crawler pada web archive (wayback machine). kalau file google doc tersebut memang belum tersimpan di (wayback machine) maka hapus file di google doc sudah cukup untuk menurunkan indeks similarity turnitin.

Tulisan ini mungkin agak susah dipahami, mudah-mudahan pembaca bisa memahami maksud uathor dengan baik, jika kurang jelas yuk mari diskusi lebih spesifik di kolom komentar. 

Labels: ,



by pada 6:08 PM

Beri komentar PC Cepat: Edit file manuskrip penelitian secara Online berpengaruh pada hasil Turnitin similarity index.

komentar PC Cepat: Edit file manuskrip penelitian secara Online berpengaruh pada hasil Turnitin similarity index.

<< Home